Subscribe: feed hugetuget

Selasa, 03 Juli 2012

Jenis Linux Yang Cocok Digunakan Sebagai Server

http://0sprey.files.wordpress.com/2012/03/linux.jpgAnda pengguna sistem operasi Linux? jika Anda menggunakan OS tersebut, mungkin ada baiknya Anda mengetahui pemakaian yang tepat untuk dijalankan pada server yang Anda gunakan di kantor atau tempat bisnis Anda. Beberapa pandangan dapat menjadi pertimbangan untuk memilih Linux yang tepat, seperti penjelasan di bawah ini :

Corporate Business
Katakanlah Anda memiliki sebuah perusahaan dengan beberapa ratus hingga beberapa puluh ribu karyawan. Apa yang Anda butuhkan? Jawabannya cukup mudah. Pilihan pertama Anda harus Red Hat Enterprise Linux.

Mengapa ? Karena Red Hat cukup powerfull.

Red Hat memiliki dukungan bisnis yang besar dan sangat mudah untuk mendapatkan teknisi bersertifikat, administrator, dan insinyur yang kompeten terhadap RHEL (Red Hat Enterprise Linux). Hal ini didukung pada berbagai perangkat keras yang support. Apakah Anda menggunakan rak server x86 , blade server, IBM POWER sistem, atau mainframe, ada RHEL untuk Anda. Singkatnya, Red Hat adalah standar terbaik dari bisnis Linux. Red Hat tidaklah gratis, dan bisa didapatkan dengan harga yang relatif tinggi.

Apakah RHEL terlalu mahal untuk Anda? Disinilah Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Tetapi ada dua lainnya yang masuk kategori bisnis distribusi Linux yang patut diperhatikan yaitu Oracle Linux dan SUSE Linux Enterprise Server (SLES).

Oracle Linux pada dasarnya adalah versi peniru dari RHEL.Tetapi kebanyakan masyarakan lebih memilih RHEL. SLES, di sisi lain, memiliki fitur setup admin, YaST, yang sangat berguna untuk membuat ukuran kantor cabang serta penambahan cabang lainnya.

Katakanlah Anda sudah memiliki staf tim ahli Linux yang tidak menganut RHEL, Oracle, atau SLES. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan Debian. Ini adalah komunitas Linux, tapi, bagi mereka yang paham seluk beluk nya, Debian bekerja sangat baik. Debian , bagaimanapun juga diperuntukkan untuk yang non-ahli Linux

Small Business
Katakanlah Anda hanya memiliki beberapa ratus orang dalam perusahaan anda atau bahkan hanya beberapa lusin. Apa yang Anda lakukan sekarang? Nah, semua pilihan di atas masih berlaku. Di sini anda bisa memperkirakan budget yang anda butuhkan. Server RHEL lebih mudah untuk dikelola bila lokasi kantor anda tersebar , tetapi SLES lebih diperuntukkan untuk kantor kecil. Silahkan anda memakai keduanya dan keputusan pilihan ada di tangan anda.

Pada titik ini, jika Anda sudah memiliki beberapa administrator Linux yang tangguh dan ingin efisiensi keuangan, anda dapat memakai Red Hat ,SUSE dan juga Fedora dan openSUSE (http://www.opensuse.org / en /). Hanya saja anda tidak disupport dari perusahaan Linux tersebut karena anda memilih untuk berhemat. Tapi, jika staf TI Anda paham Linux dengan baik, Anda mungkin tidak perlu support dari perusahaan Linuz di atas. Sebagai contoh ada kantor dua puluh empat PC dan server - memakai OS open SUSE dan bekerja dengan baik.

Bagaimana dengan Ubuntu, merek paling populer untuk Linux desktop. Ada Ubuntu Server Linux juga. Anda bisa menggunakan Ubuntu Server untuk perusahaan besar. Namun untuk perusahaan berukuran besar sebaiknya pilihan jatuh ke Oracle, Red Hat, atau SUSE, yang memiliki banyak pengalaman dalam menangani instalasi data-center besar. Untuk rak atau dua server (paling banyak), Ubuntu dapat menjadi pilihan.


Sumber: Vibizmanagement.co.id



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar