Subscribe: feed hugetuget

Jumat, 31 Agustus 2012

Cara Memperbaiki Klik Mouse Yang Rusak/Bermasalah

Mouse memang terbilang sangat penting dalam komputer. Tanpa mouse kita akan susah mengoperasikan komputer. Maka dari itu jika mouse yang bermasalah/rusak, kita harus mengganti yang baru. Namun disini anda tak perlu membeli yang baru, karena saya akan memberikan cara memperbaiki klik mouse yg rusak atau bermasalah. Mari kita simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Siapkan peralatan yang diperlukan.

- Multi tester : untuk mengecek apakah komponen masih berfungsi/tidak.
- Obeng +/- : untuk membuka tutup mouse, sesuaikan dengan mur/baut mouse.
- Penyedot timah/tenol : untuk menyedot timah solder pada PCB
- Timah/tenol solder : untuk merekatkan dan mengalirkan arus daya komponen ke PCB.
- Solder : untuk melelehkan timah/tenol.
Semua peralatan diatas bisa anda beli ditoko elektronik/listrik.

2. Ambil mouse yang rusak/bermasalah, dan ambil juga mouse yang sudah tidak terpakai/rusak.

Buka penutup mouse dengan obeng hingga terlihat komponennya. Contoh dibawah ini yang bermasalah bagian klik adalah mouse logitech warna hitam, dan satu lagi mouse S-Pro warna merah yang rusak, namun komponen klik (gak tau namanya apa, sepertinya saklar) masih berfungsi dengan baik.

3. Cek dengan multi tester apakah komponen klik/saklar masih berfungsi. Caranya hubungkan kaki komponen dengan multi tester. Jika normal, saat anda pencet klik jarum multi tester akan bergerak. Jika sudah tau mana komponen yg rusak dan komponen yang masih berfungsi, kemudian lepaskan komponen klik/saklar dari papan PCB.

4. Setelah terlepas lalu ganti komponen klik/saklar mouse logitech yg bermasalah/rusak dengan komponen klik/saklar mouse S-Pro yang masih berfungsi. Kemudian solder.

Sekarang masalah sudah beres, dan mouse logitech yang semula rusak/bermasalah dapat kembali seperti semula.

Catatan :
- Jika mempunyai mouse yang rusak jangan terburu-buru dibuang, sayang jika komponen lain yang masih berfungsi dibuang begitu saja.
- Jika anda tidak punya mouse lain yang tidak terpakai, anda bisa beli komponen mouse tersebut ditoko elektronik/listrik. Bawa saja komponen tersebut pasti penjualnya akan tau namanya.





Related Post:

2 komentar:

LaksanaShared mengatakan...

agak rumit gan he-he

hugetuget mengatakan...

@LaksanaShared gak rumit kok gan,, asal ikuti petunjuknya pasti beres

Posting Komentar