Subscribe: feed hugetuget

Jumat, 12 Juli 2013

Membuat Sendiri Charger Portable/Powerbank USB Menggunakan Baterai Remote Control 9,6 Volt



Sesuai judul postingan kali ini, saya bagikan tutorial membuat sendiri charger hp/ponsel portable yang istilah kerennya Powerbank :D.

Berawal dari baterai hp sony ericson k510i yang sudah divonis ngedrop terus menerus membuat otak saya mencari ide tanpa harus membeli baterai baru.

Mengingat banyak sekali baterai rechargeble (isi ulang) tidak terpakai bekas tamiya sempat terpikir untuk menggunakannya.

Namun keinginan itu hilanglah sudah ketika melihat baterai RC yang sudah lama tak tersentuh.

Akhirnya keputusan jatuh pada baterai RC yang berkapasitas 1,2 volt sekitar 700mAh. Lebih praktis ketimbang baterai tamiya yang masih pritilan :D.
Baterai RC berjumlah 8 cell, jadi totalnya 1,2 volt x 8 = 9,6 volt. Dan 700mAh x 8 = 5600mAh. Atau 5,6 Ampere. Wow. . .
Kok malah itung-itungan yaa? :D . .
Gak papa mama lah biar tau dikit. . :D

Yang jadi pertanyaan gimana caranya biar baterai RC aka Remote Control (yang warnanya kuning lho bukan yang kotak!) bisa ngeces hp?

Tak liat deh adaptor charger hp yang langsung dari listrik terdapat tulisan input : 100-240VAC ~ 100mA, 50-60Hz
Output : 4,9VDC ~ 450mA

Lihat outputnya saja, karena itu yang kita butuhkan yaitu 4,9VDC ~ 450mA.
Bandingkan dengan baterai RC 9,6VDC ~ 5600mA atau 5,6A. Jauh lebih besar baterai RC kan? Bayangkan jika anda langsung buat charger hp, hp anda akan rusak bahkan kebakaran!! Makannya jangan main-main dengan listrik kalau belum paham!! :D

Beberapa baterai RC ada yang 3 kabel warna merah, biru, hitam. Pakai saja merah sama hitam.
Terus bagaimana selanjutnya? Ya kita turunin tegangan 9,6VDC Menjadi 4,9VDC biar gampang 5Volt DC.
Kok gak 3,7volt?
Itu kan kapasitas baterai jadi kita gunakan diatasnya tapi jangan terlalu besar nanti ic power hp jebot :D .


Caranya menggunakan IC Regulator LM7805 atau AN7805 atau lainya yang penting 7805.


Berhubung charger adapter hp k510i saya menghasilkan ampere 450mA untuk ces hp, maka saya gunakan IC Regulator LM78M05. Tapi ditoko eletronik dikasih MC78M05C.
Tak apalah yang penting 78M05, huruf didepan kode pabrikan.
Jika adapter hp anda lebih dari 500mA gunakan saja yang 7805.

Berikut skemannya :
LM78S05 : 2A
LM7805 : 1A
LM78M05 : 500mA
LM78L05 : 100mA

Kode 05 menandakan tegangan diturunkan menjadi 5volt.
Ada yang LM7809 berati 9volt dan lain-lain. Minimal inputan 7805 7volt, jika kurang dari 7volt tidak akan stabil. Maksimal inputan IC 78xx sampai 30volt jadi masih bisa menggunakan aki motor yang 12volt 5A. Tapi jangan lupa! Pasang heatsink biar mengurangi panas IC, kalau perlu pakai kipas DC. Jika tidak panasnya IC bisa buat goreng telor ceplok setengah matang... :D

Sekarang siapkan bahan-bahan komponennya :
- baterai RC 9,6Volt
- saklar (jika perlu) = 500-2000,-
- IC Regulator 78m05 = 2000-5000,-
- D1, dioda N4002 = 250,-
- C1, kapasitor 100uf/50v = 250,-
- C2, kapasitor keramik/milar 100nf kodenya 104 = 500,-
- R1, resistor 180 ohm = 250,-
- D2, LED 2-3volt = 250-1000,-
- Papan PCB Matrix = 2000,-
- Port USB Female (saya ambil bekas charger rusak)
- Heatsink / aluminium bekas


Setelah itu rakit komponennya dipapan pcb matrix dengan skema rangkaian alur seperti dibawah ini.



Perhatikan pemasangan D1 dan D2 jangan terbalik. Dan juga C1 jangan terbalik!. Setelah beres tes dengan multitester atau avometer.

Ni penampakan punya saya :

Setelah itu saya rakit kembali menjadi senter dengan menambahkan 2 buah led, hasilnya seperti gambar paling atas.

Jika cara diatas mungkin terlalu rumit bagi anda, anda bisa mencoba cara lain yang sangat mudah.
Caranya bisa dilihat dibawah ini :
Cara Membuat Powerbank / Charger Portable Menggunakan 4 Buah Baterai AA Rechargeable 

UPDATE 10 Februari 2014 :
Karena  banyak komentar yang bertanya,, maka hari ini saya putuskan mengUPDATE postingan ini.
dibawah ini ada gambar skema rangkaian yang telah dimodif hingga jadi seperti gambar paling atas postingan ini ( ada penambahan Jack DC dan 2 buah lampu LED sebagai senter)
Berikut keterangannya :
R2 = 180ohm-1K (terserah mau anda kasih berapa, semakin kecil Ohmnya semakin terang lampunya)
D3 & D4 = Lampu LED warna Putih
Jack DC Sebagai Konektor antara baterai powerbank dengan Adapter 10volt 
Saklar

Bentuk fisiknya bisa anda buat sesuka hati, saya hanya membuatkan alur skemanya diatas.
Jika masih ada yang belum jelas bisa tanya pada komentar dibawah.



Related Post:

119 komentar:

Unknown mengatakan...

Misi bang mau tanya,
Kalo pake batry RC yang kering 10V 1000mA apa rangkaiannya sama?
Terimakasih.

hugetuget mengatakan...

iya rangkaiannya sama seperti diatas,,

marcel mengatakan...

Bang klu pakai baterai bekas laptop 10,8 v ampr klu gak salah 4400mah apakah sama juga.mohon pencerahan nya.makasih..

hugetuget mengatakan...

iya sm jg. . Bisa pakai rangkaian diatas

Anonim mengatakan...

Gan,,itu ngecharge btre power bank п̥̥ÿ̲̣̣̣̥ȃ lewat usb setelah rangkaian ap lewat + dan - batre langsung ?????makasihh sebelumnya gan

hugetuget mengatakan...

untuk charger baterai power bank + dan - dari adapter ke baterai. Jgn lewat usb. .
Kl pnya sy tk ksh konektor DC dari adapter ke baterai

Anonim mengatakan...

Kenapa punya sayang tidak bisa carger bb bold 9700

Anonim mengatakan...

Kenapa punya saya tidak bisa carger bb bold 9700

serwida@blogspot.com mengatakan...

mas, aku butuh bimbingan iki,.. Bisa minta nomer whatsapp?

hugetuget mengatakan...

@Dika andika
sudah pakai rakitan diatas?

hugetuget mengatakan...

@septa erwida
lewat sni aja, saya gk pnya whtapp

pakdhe mengatakan...

kalo batre 700mah disusun seri bukannya hanya voltasenya yg dijunlahkan..jadi amperenya tetap 700mah..kecuali kalau disusun seri maka amperenya yg nambah untuk voltase tetap

hugetuget mengatakan...

@pakdhe mungkin maksud anda kalau baterai seri 1,2v 700mah disusun seri yg nambah hanya voltasenya dan ampere tetap. dan jika disusun paralel voltase tetap dan arus ampere yang bertambah. jd ksmpulannya baterai RC adalah seri. :D

Unknown mengatakan...

Bg saya mau nanya nei... Saya punya power bank kapasitas nya 8800 mah... 3bulan saya pake bisa ngecas hp saya 3x tapi skrang 1x aja ga penuh lngsung abis itu knp ya??

hugetuget mengatakan...

@djatnika speed mngkn daya tahan kapasitas baterai powerbank anda sudah drop, atau bs jg adapter pengisi batarai powerbank anda yg sdh lemah. bs anda cek dg multitester...

Unknown mengatakan...

Makaih atas infonya ^_^

Anonim mengatakan...

gan , kalo charger 5v , memiliki 500mA , kalo mau saya naikan ke 1A , tinggal ganti ic reguator lm7805 nya saja ???

hugetuget mengatakan...

sama2 gann

hugetuget mengatakan...

iyaa benerr.. tp liat dulu charger tsb apkh pakai ic regulator itu

Unknown mengatakan...

maaf akang admin, saya numpang promo ya , makasih :)
Pembesar Penis Herbal
Rahasia Bikin HOT pasangan

musahhal mengatakan...

mas itu powerbanknya rechargeable bukan?

Unknown mengatakan...

mas adaptor pengisi batrenya gimna skemanya?

Anonim mengatakan...

mas, kalo saya ingin mengisi batre power bank yang sudah abis. kan batre di powerbank 7,4 v dan 4800 Mah, ,lalu saya ingin mengisi batre tersebut. dengan charger yg output ny 5v gmna cara nya biar terisi ya batre di power bank dengan tingkat voltase ny 7,4? terimakasih

Hadi mengatakan...

mantap.ijin.nyontek.gan

hugetuget mengatakan...

@musahhal iya donk bs dicharger ulang pakai adaptor 10 volt dc yg warnanya item itu

hugetuget mengatakan...

@Ardiansyah adaptornya kn udh ada saat beli mobil RC. tinggal pakai aja.. itu yg kabel warna merah dan item dibuatin conektor dc untuk charger powerbanknya..

adaptornya yg 10volt dc..

hugetuget mengatakan...

@anonim ya mana bisa full chargernya... kl pakai adaptor chargernya cm 5 volt..

ganti adapter chargernya yg 7-9volt baru bisa full baterai powerbanknya.. amperenya 500-1000 aja biar cpt

hugetuget mengatakan...

silahkan bs dicb jg gan..

Anonim mengatakan...

kok pengisiannya gak mau penuh. Udah di tunggu 5 jam, kenapa ya?

hugetuget mengatakan...

@Anonim kapasitas baterai HP anda berapa? jika kapasitas baterai anda lebih besar dari kapasitas powerbank, ya tidak akan bisa FUll Charger. MIsal baterai HP anda 5volt 1200mah tp powerbanknya cuma 4,9volt 1000mah...

hugetuget mengatakan...

@Anonim kapasitas baterai HP anda berapa? jika kapasitas baterai anda lebih besar dari kapasitas powerbank, ya tidak akan bisa FUll Charger. MIsal baterai HP anda 5volt 1200mah tp powerbanknya cuma 4,9volt 1000mah...

Unknown mengatakan...

Cara cash ulang batre ppwer bank nya gmna.yg RC 9V itu?

hugetuget mengatakan...

@aland caranya ya pakai adapter 9-10volt ... itu updatenya tk tambahin jack dc buat cas ulang baterai powerbanknya

Anonim mengatakan...

gan mau tanya , jadi kalo pake rangkaian diatas , ampere nya jadi 5.6A ato tetep 700ma , terima kasih

hugetuget mengatakan...

@Anonim
untuk itu bukan masalah rangkaiannya. Jadi untuk masalah ampere itu karena baterai powerbank disusun seri. jadi kalau 2 buah baterai dg ampere masing-masing 700mah dan volt 1,2, disusun seri, maka amperenya tetap 700mah, namun voltnya yg bertambah jadi 2,4volt. kalau disusun paralel baru ampere jadi 1400mah namun volt tetap 1,2.

Masih belum jelaskah?

Anonim mengatakan...

mlm gan gma caranya buat pwr bank dengan kapisatas 2500 mA dng kapasitas batre hp 1500mA apa aja yang perlu dirubah dengan menggunakan rangkaian diatas thanks maaf masih awam...

hugetuget mengatakan...

@Anonim bisa pakai rangkaian diatas yg perlu dirubah adalah IC regulatornya ganti dengan yg 2 ampere. Voltase tetap diatas 7 Volt. Kalau untuk kapasitas powerbank 2500mAh kan tergantung baterai powerbanknya...
ada lagi gan?

Anonim mengatakan...

kalo powerbank untuk laptop gmana ya gan
butuh masukan nih buat tugas akhir

Anonim mengatakan...

x

Anonim mengatakan...

gan kalo resistornya diganti 200 ohm bisa nggak?

hugetuget mengatakan...

@Anonim kalau powerbank untuk laptop butuh baterai berkapasitas besar, AKI misalnya... tinggal ganti aja IC regulatornya sesuai dengan output adapter laptop..

resistornya diganti 200ohm bisa gan, resistor cuma buat tegangan lampu biar gk cepet putus gan..

ersa secret mengatakan...

Gan aku mau nanya nih, aku nyoba rangkaian pake ic7805 kok nggak bisa ngecas hp bb ya? Kalo hp cina kok bisa

hugetuget mengatakan...

@erwin saputra wah ane jg blm nyoba pakai bb gan,, mngkin perlu tmbhn komponen lg untuk hp bb...

Unknown mengatakan...

Saya mau tanya, bateri RC nya kalo di ganti dengan baterei hp bekas bisa ? Kalo ada 2 baterei hp bekas, Batereinya di pasang seri / paralel ?

Unknown mengatakan...

gan kalo lampu senternya pake lampu hpl 1 / 3 watt ngaruh g?
apa yang mesti d tambah rangkainnya?

hugetuget mengatakan...

@Jundana Al-Basyir bisa, tp kalau 2 sepertinya kurang, nanti tdk mau ngisi mengingat kapasitas baterai hp sudah 3,7 volt. seri/paralel boleh tergantung kebutuhan...

hugetuget mengatakan...

@Samsul hudha sepertinya tidak akan kuat, krn lampu HPL butuh daya yg tinggi. walapun nyala mungkin tidak akan terang... tinggal atur diresistornya aja kok..

Unknown mengatakan...

Bang knapa kalo d pasang ke BB ada pesan (charger tidak bisa mengisi batray)
masuk tapi ga ngisi2 , ap yang harus d lakukan ?apa harus d tambah rangkayan lagi? Mohon pencerahan nya

hugetuget mengatakan...

@rivki sta
spertinya saya sudah menjawab pertanyaan ini,,
untuk BB saya sndiri belum mencobanya, dikarenakan tdk punya dan blm prnh membedah isi chargernya. jadi kmngkinan pada Charger BB tdk hnya dua arus listrik yg masuk, sdngkn charger powerbank yg saya buat ini hnya ada 2 arus. Jd mngkn butuh kmponen tmbhan...

+admin+ mengatakan...

masalah charger bb atau bebeeapa smartphone, ada yg deteksi juga tegangan di kabel data, usb kan 4kabel, 2 power n 2 lagi data, yg kurang jelas adalah tegangan berapa volt di jalur datanya, krn kmungkinan bukan 5volt, trus pernah juga sy alami, ada beberapa hp yg mendeteksi arus dari charger, jadi kalau kurang atau lebih dari standar dia, maka tidak akan bisa dicharger hpnya,

rofik mengatakan...

Mau nanya gan,kalo mau ngecharger powerbank nya tapi g punya adaptor dari RC gimana....bisa g pakek multi adaptor yang dijual ditoko.yang volt nya 3 -12 volt.

Unknown mengatakan...

misi gan klo pakek charger hp langsung gmn cra buatnya...soalnya sya punyak charger gak dipakek

Unknown mengatakan...

permisi gan kalo ane pake 2 baterai chas UltraFire 2 baterai=10.200mAh&7.4v ((udah ane itung 2 baterai jadinx segitu)) itu sm kagak rangkaian nx kyk di atas

Anonim mengatakan...

Gan mau nanya ,,,
lg pingin memperluas pengetahuan gan,

Kalau untuk mengisi batery berapa (MAXIMAL-nya) output dari charger yg dibutuhkan dan kenapa harus segitu?
contoh;
-batery hp 3,7 Volt, itu (MAXIMAL) output chargernya harus berapa? dst,…
Dan selisih antara kapasitas batery dan output charger harus berapa Volt?

Tolong penjelasanya gan,,,

Unknown mengatakan...

mohon bantuan gan....aq dah buat rangkaian sprti di atas pakai ic 7805,buat ngecas di hp bisa muncul..tapi ngk mau penuh" tetep aja segitu persennya batrai..aq pakai batrai kering(aki kering)6v4.0Ah...mohon gan gmna caranya...maksih..

hugetuget mengatakan...

Nah +admin+ sdh mnjwb pertanyaan ttg blackberry.. semoga membantu..:-D

hugetuget mengatakan...

Bisa gan ..

hugetuget mengatakan...

Charger hp buat charger powerbank? Bisa aja.. tinggal ambil 2 kabel output plus minusnya aja...

hugetuget mengatakan...

Sepertinya baterai perlu ditambah lagi gan...

hugetuget mengatakan...

Output chargernya diusahakn hrs sama persis 3,7volt.. lebih gpp tapi selisihnya jgn sampai lebih dari 2volt

hugetuget mengatakan...

Coba ganti ic dengan LM78S05 : 2A.
Jika msh sama berati volt aki anda kurang besar.. min 7volt

Unknown mengatakan...

aku butuh banget ,, tp aku gtau cara ngrakitnya
awam banget sama ginian ,, bs bantu gag ?? thx

Hunter mengatakan...

bang apa batteray powerex kapasitas 9volt 230mah bisa di pake, pake ic lm7805 ?? mohon penjelasannya saya baru belajaran :D

Unknown mengatakan...

bang rangkaiannya gak jelas loh bang

Unknown mengatakan...

Gan ane mau pesan,boleh ngga Gan?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Hp gue kan 4000 mAh kalo powerbanknya 8400mAh ,, tpi kok gak mau terisi penuh , lama kali penuh mass ,, apa masalahnya tu bang ??
Tolong di jawab !! Penting !! Untuk tugas disekolah

Unknown mengatakan...

Bang ane mau nanya,,rangkaian sama ga yg d atas klw input d batok cas ane 100-240VAC ~150MA 50-60HZ,, dan outputnya 5,0VDC = 850MA,,tolong bantuannya master??

emerald mengatakan...

Min, klo make charger yg by at di Mobil bisa g

Anonim mengatakan...

mas, setahu saya baterai itu kalau dirangkai seri voltnya aja yang tambah, amperenya gak tambah

Unknown mengatakan...

Apakah ada rumusan untuk menentukan besaran kapasitor (elco) yanh di pakai? Krn jumlah tegangan battery saya berbeda dengan contoh.. Mohon tanggapannya.. Makasih!!!

wandi pratama mengatakan...

Makasi infonya bos

wandi pratama mengatakan...

Makasi infonya bos

Unknown mengatakan...

Kebalik mgkin pasangnya kalo g deoda ic 7805

Unknown mengatakan...

Saya gunakan rangkaian yg d powerbank bekas cunan outpunta saya tambahin 7805,n rangkaian d atas saya gunakan caz d motor saya dgan aki

Unknown mengatakan...

Gan.mau tanya kalau modifikasi ganti aoa saja.dari 2 volt k 5 volt

Unknown mengatakan...

Bang saya punya powerbank kapasitas 1 baterai ,, kalo mau saya ganti jadi 4 batre laptop apakah harus merubah komponen mesin pb

Unknown mengatakan...

Mau Tanya bang saya punya powerbank tp batrenya rusak ga mau nyimpen kl saya ganti pake batre recharge saya punya 1,2v dan 1900mah butuh berapa biji dan dirangkainya Gimana ... saya ambil dr powerbanknya hanya rangkaian pcb nya

Unknown mengatakan...

Mau Tanya bang saya punya powerbank tp batrenya rusak ga mau nyimpen kl saya ganti pake batre recharge saya punya 1,2v dan 1900mah butuh berapa biji dan dirangkainya Gimana ... saya ambil dr powerbanknya hanya rangkaian pcb nya

Unknown mengatakan...

gan. charger untuk android kbnyakan kan 2.0A ni.... brrti kan hrs pkek IC 78s05, trus prtanyaannya apa D1, C1 ma C2 bs pkek ukuran yg sama....???

Unknown mengatakan...

Bang ane mau nanya nih , tu kalo mau di charge bisa ngga bang ???
Ane masih bingung nich... , gmn kl aku minta no hp nya aja , soal nya bbm ku ngga ada. Makasih...

hugetuget mengatakan...

@adam agung ya tergantung kapasitas powerbanknya gan? klo kpstas 1900mah y cm btuh 1 baterai

hugetuget mengatakan...

@alight zain D1 ganti gan,, soale itu max 1A

hugetuget mengatakan...

@Unknown Bisa dong kn udah dicoba...

Unknown mengatakan...

Disini tentang elektronika bukan obat obatan

The story of dwi mengatakan...

Powerbanknya palsu x, 8400mah tulisannya doang, mungkin aslinya cm 3000mah atau bahkan dbwhnya

hugetuget mengatakan...

@dewando diatmojo betul gan

hugetuget mengatakan...

@find a best way namanya juga baterai gan,,

Unknown mengatakan...

Gan numpang tanya, itu kalau saya isi batrenya langsung ke tegangan 220v bisa gak ?

hugetuget mengatakan...

@teguh rahmanto Jangan! ntr meledak duarrrrr

Unknown mengatakan...

Permisi gan mau tanya.sya mau pakai btre ultrafire 3.7v 8 buah.apakah rangkaiannya sama dan btrenya harus posisinya seri tiap dua buah apa langsung dparalel semua.rima kasih

Unknown mengatakan...

Pertanyan saya...dimana yg jual LM 78S05

Unknown mengatakan...

Pertanyan saya...dimana yg jual LM 78S05

Unknown mengatakan...

Maksud konektor dc penampampakanya kyk apa mas?

Unknown mengatakan...

Mau nanya gan, ane ada 2 baterai= 4000mAh(3,7v) & 5800mAh(4,7v). Itu supaya jadi 9800 mAh 7,4 volt gimana..?? Bisa gak...???

Burando mengatakan...

Gan, mau nanya kalau misalkan pakai 4 baterai cell 18650, apakah kapasistor-nya harus diganti?maaf saya masih awam kalau masalah ginian...

hugetuget mengatakan...

@Firman Taufik bisa pakai rangkaian diatas tapi diseri dua/lebih soalnya IC tsb membutuhkan daya minimal 7volt

hugetuget mengatakan...

@Atuk Fauzi ditoko elektronika banyak

hugetuget mengatakan...

@Unknown seperti konektor RCA (kabel warna putih,merah dan kuning untuk menghubungkan DVD player ke TV) cuma kalo konektor DC lebih kecil

hugetuget mengatakan...

@muhammad aqil tidak bisa, kalo diseri jadi 8,4volt 4900mAh dan kalo diparalel 4,2volt 9800mAh

hugetuget mengatakan...

@Farid Muhammad tidak perlu diganti, kapasitor hanya untuk penyetabil saja

watchingpln mengatakan...

gan , mau tanya itu cuman output modul aja yah ?
yang input modul kemana ya ?
thanks butuh bantuan banget gan

hugetuget mengatakan...

Agak susah cari tipe itu.. online mngkn ada,, atau bs pakai tmbhn transistor

hugetuget mengatakan...

Yg input modul pakai adaptor gan.. buat ngisi batrenya

Afrizaawan mengatakan...

Mas bro, bisa gk batre 3,7volt 4800mah di susun paralel trz ngecasnya lngsng pake adaptor yg out put 12volt

Afrizaawan mengatakan...

Mas bro, bisa gk batre 3,7volt 4800mah di susun paralel trz ngecasnya lngsng pake adaptor yg out put 12volt

Unknown mengatakan...

Ic 7805 ground nya apa gak perlu pakai resistor om..?
Kalau pakai baterai 12 volt apa gak kebesaran ground nya di langsung kan ke kaki No 2 ic 7805?

hugetuget mengatakan...

Kalo pakai 12 volt ya harus 2 ic, yang pertama diturunkan 9volt dengan ic 7809 kemudian diturunkan lagi dengan 7805

Unknown mengatakan...

Gan saya pernah praktek bekas mesin power bank muatan batre 6 saya bikin jadi 12batre kok malah rusak mesin nya

hugetuget mengatakan...

Iya rusak karena kelebihan tegangan. Ibaratnya orang makan 3x sehari porsinya sepiring penuh, tapi malah dikasih 6x sehari sepiring penuh ya perutnya gak kuat jadi sakit

Unknown mengatakan...

Maaf mas mau tanya.....
Saya punya power bank merk s**sung isi 3 baterai tpi komponennya rusak...tpi baterai masih layak pake.
Apa rangkaian diatas bisa di gunain dengan baterai tsb.
Trimakasih.

Unknown mengatakan...

Maaf mas mau tanya.....
Saya punya power bank merk s**sung isi 3 baterai tpi komponennya rusak...tpi baterai masih layak pake.
Apa rangkaian diatas bisa di gunain dengan baterai tsb.
Trimakasih.

Unknown mengatakan...

Maaf mas mau tanya.....
Saya punya power bank merk s**sung isi 3 baterai tpi komponennya rusak...tpi baterai masih layak pake.
Apa rangkaian diatas bisa di gunain dengan baterai tsb.
Trimakasih.

Unknown mengatakan...

Maaf gan, untuk beli ic LM 78S05 nya di mana.. Saya di jkt sudah nyari.. Tapi ga ada.. Mohon petinjuk..

Unknown mengatakan...

Salut......mo nanYa nih....kalo inputnya 12-24 v, perlu ditambah capasitor nggak....terus kalo perlu, ukurannya berapa yg ideal.....thanks gan

Health Yatra mengatakan...

Thank you, that was just an awesome post!!!

Diseases and Conditions mengatakan...

Thank you, that was just an awesome post!!!

Unknown mengatakan...

Mas, kalau skema untuk power bank yang ada senter dan kapasitasnya pakai digital itu ditambahkan dibagian apannya? Atau dekat sama komponen yang apa?

Unknown mengatakan...

untuk ic LM78S05CV itu barang inden bos. emang agak sulit ga semua toko elektro jual. apabila ada juga harganya 3x lipat dgn harga ic LM7805

Posting Komentar