Subscribe: feed hugetuget

Selasa, 14 Juni 2016

Review Speaker ACR 10 inch C-1018-W MAX POWER 300 WATT

Awalnya saya bingung dalam memilih speaker, karena banyak sekali merk dan ragam speaker yang beredar dipasaran. Dan sebelum membeli ini, saya sudah mencari artikel maupun ulasan tentang berbagai speaker, lalu apa hasilnya? Nihil....! Tidak ada sama sekali yang mau membahas merk speaker yang mereka pakai.

Dari berbagai merk speaker yang mahal seperti audax, legacy, jl, jbl, dan lain-lain... tidak ada satupun ulasan mengenai speaker tersebut. Dengan isi dompet yang pas-pasan, saya ketikan pada query google "speaker murah bagus" tapi malah munculnya speaker komputer. Akhirnya saya cari ditokopedia ternyata ada berbagai merk. Mataku tertuju pada speaker yang murah yaitu acr.
Setelah mencari jati diri tentang speaker ACR, dari yang 6 inch sampai 10 inch banyak yang bilang tidak bagus juga tidak jelek. Tapi yang bikin saya tertarik katanya produk buatan kota surabaya ini sudah dikenal dunia.
ACR 10"
Awal bulan telah tiba dimana gajian telah tiba, tanpa menunggu lama lagi.. saya mengajak teman pergi ke toko elektronik yang ada dekat dipasar. Disini memang toko semacam itu berada di kios-kios pasar. Setelah melihat dereta box speaker kami berhenti disalah satu toko.  Penjualnya langsung menyapa seakan kami adalah penghasil uang :-D . "Mau cari apa mas?" Kata si penjual. "Mau liat2 box speaker pak" kata saya. "Mau yang berapa inch?" Katanya. Sambil mengeluarkan ukuran-ukuran box speaker yang dia punya.
ACR 10"
Sambil melihat-lihat dan ngobrol ini itu... skip skip... akhirnya terpilih box yang ukuran 10 inch dengan harga 75rb modelnya kyk box audio mobil gitu. Sebenernya saya cari yang kotak, tapi karena kosong terpaksa ambil yang itu. Terus disana saya melihat banyak sekali speaker merk ACR. Dalam benakku mungkin spiker ini banyak dicari. Sesekali melirik speaker legacy dan bertanya.
Pak itu legacy 10 inch berapa? Kalau tidak salah sekitar 250 ribuan saya lupa. Dan watt tertera max 150 watt 8ohm. Langsung otakku bekerja malah juga ya. Terus lihat disebelahnya ada ACR 10 inch berapa pak? Kalau yang ACR 165 ribu 300watt 8ohm. Pas banget cuma bawa uang 300rb, terlihat spesifikasinya juga beda jauh. Cocok akhirnya terbelilah speaker acr+box tersebut.
Karena bulan puasa jadi agak capek bawanya sekitar 5km dari toko ke rumah mana siang hari yang terik sekali. Sampai dirumah dibuka dan dipasang dulu skrup/baut nya ke box solder kabel dan tak lupa saya beri jepitan buat kabel dibelakang boxnya. Langsung dah pasang ke ampli rakitan buatan atma 2.1 channel.
Amplifier Rakitan 2.1
Setelah siap, tekan power, volume diputar dan... nguuuungggg... lho kok dengung doang? Cek lagi kabel-kabelnya tapi kok masih dengung... akhirnya saya balik amplinya eh ternyata solderan kabel ground nya putus.. hahahaa... pantesan dengung.
Mulai solder lagi kabelnya, selesai.. nyalakan volume diputar, vol bass diputar, waktu itu lagu geisha-jika cinta dia. Setelah saya dengarkan berulangkali, ada yang kurang. Bassnya terasa pendek dan kurang dalam. Namun mid bass nya terasa jedug jedug didada. Karena sebelumnya saya memakai speaker bekas tipe-deck bassnya terasa empuk dalam dan panjang. Jadi setelah mendengarkan speaker ACR ini terasa agak kurang. Entah apa penyebabnya, mungkin ampli nya yang kurang kuat atau mungkin magnet acr yang lebih gede dari speaker sebelumnya yang sama2 10 inch. Saya tidak tau berapa watt speaker bawaan tipe deck karena tidak ada tulisannya sama sekali. Mungkin bagi pembaca yang tau merknya apa bisa komen dibawah.
Speaker Bekas Tipe Deck
Mungkin saja dari amplifier audionya yang kurang kuat, bisa juga dari impedansi 8ohm nya speaker yang baru. Entahlah, saya juga tidak punya alat buat mengukurnya, hanya sebatas hobi dan bukan ahli elektronika, tetapi saya suka musik terlebih pada bass karena dulu mantan personil band yang kebetulan pegang bass. Sekian .... Semoga bermanfaat...



Related Post:

7 komentar:

INDRYCELL. IDC RELOAD PULSA NATIONAL 2016 mengatakan...

Beda alamat gan
Itu yg bekas tipdex model nya wofer jadi midlou nya bagus
Sementara yg acr agan bli nya apa wofet apa furange

hugetuget mengatakan...

@INDRYCELL. IDC RELOAD PULSA NATIONAL 2016 iya kalo dibandingin sama speaker tipedex BASS nya lebih empuk panjang dan dalam.. yang ARC itu tipe woofer belinya... padahal sama-sama 10 inci

Faisal Rizkan mengatakan...

acr yang 300watt nya kebesaran mungkin. untuk nendang maksimal, power amplifiernya minimal 2x dari watt speakernya. jadi sekitar 600watt amplifiernya. kalau speaker tape deck itu merk omega kalau gak salah.

Unknown mengatakan...

Untuk masing2 karakter suara yg didiinginkan,jg perllu disesuaikan jenis speaker yg digunakan.
Produk2 ACR memiliki byk sekali jenis2 speaker,baik dari segi ukuran,daya,karakter suara. Tergantung pada keinginan pengguna..

Lee mengatakan...

1018 ini bisa dipake buat di ampli gitar ngga?

Unknown mengatakan...

Aku juga pake acr 1018 2 biji,,cuman aku dorong pake ocl 150 watt modif dikit,,kaca cendela rumah udah pada getar,,,

Harmen Koto mengatakan...

saya juga pakai acr c 1018 w, tweeternya pakai ACR, ampli blazer 2 x 250 W, tendangan bassnya lumayan empuk kok. pengen tukar sama yg acr 10 inci yg PRO. tidak ada barangnya ditoko.

Posting Komentar