Subscribe: feed hugetuget

Selasa, 19 Februari 2013

Saat menggunakan laptop baterai lebih baik dilepas atau tidak?

Saat menggunakan laptop baterai lebih baik dilepas atau tidak?

Beragam pertanyaan tersebut sering saya lihat di berbagai situs. Mulai situs jejaring sosial, forum, hingga situs seputar tanya jawab terdapat pertanyaan seperti itu.
Dengan adanya pertanyaan seperti itu, saya akan mencoba memberi saran sehingga dapat menjadi solusi bagi anda yang binggung tentang penggunaan laptop atau notebook.
Ada saat menggunakan laptop tanpa baterai maupun dengan baterai.

1. Melepas baterai.
Mungkin bagi anda berfikir jika melepas baterai akan membuatnya lebih awet. Namun cara tersebut ternyata juga memiliki resiko. Resiko yang ditimbulkan juga beragam. Mulai dari harddisk yang bad sector jika listrik mati tiba-tiba, hingga kerusakan yang signifikan jika terjadi terus-menerus. Disamping itu umur harddisk untuk rusak atau biasa dikenal MTBF (Mean Time Between Failure) akan menjadi lebih cepat. Umumnya umum harddisk rusak 2-4 tahun tergantung pemakaian.
Selain harddisk ada hardware lain terkena dampaknya. Mainboard misalnya, mainboad merupakan hardware paling penting, karena semua hardware seperti ram,vga,harddisk tumpah ruah pada papan mainboard. Jika mainboard mati, maka laptop tidak akan hidup. Salah satu contohnya adalah matinya IC POWER pada mainboard. IC Power mengatur dan membagi besarnya daya yang dibutuhkan komponen lain. IC Power tidak hanya 1, melainkan banyak dan tersebar dimainboard.

Nah, setelah mengetahui akibat yang ditimbulkan pasti anda akan berfikir lagi melepas baterai.

Saran dari saya, gunakan tanpa baterai jika menghidupkan laptop,netbook dalam waktu yang lama lebih dari 4 jam. Bukankah jika lebih dari 4 jam pakai baterai anda akan kerepotan cabut-tancap charger kan?

2. Dengan memakai baterai.
Sebenarnya dengan memakai baterai saat menghidupkan atau menyalakan notebook atau netbook jauh lebih aman. Namun juga ada resiko yang ditimbulkan. Yaitu baterai yang cepat habis/ngedrop. Hingga kerusakan baterai yang beragam.
Pasti hal tersebut juga tak ingin menimpa anda kan? Coba anda bandingkan harddisk atau baterai yang rusak? Jika anda memilih baterai yang rusak itu pilihan tepat. Karena jika anda memilih harddisk, data penting anda akan hilang karena anda belum sempat membackupnya.

Sekedar saran dari saya, gunakan baterai laptop/netbook seperlunya. Misalnya gunakan baterai saat bepergian dan jauh dari colokan listrik dan juga gunakan baterai tidak lebih dari 4 jam.

Jika mungkin ada saran lain akan saya masukkan dalam posting.

Berikut ini ada beberapa software atau aplikasi pendukung agar baterai dan harddisk awet.
1. Baterai alarm
2. Perfectdisk
3. Disk cleaner
4. Registry cleaner
5. Tune Up

Sekian. Semoga bermanfaat



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar